03 Desember 2015

Yuk, Kenali Digital Mindset Dahulu Sebelum Mengonlinekan Bisnis


Sekitar tanggal 26 november 2015 lalu, saya dan beberapa orang temen temen menghadiri sebuah seminar yang diisi oleh orang ganteng ganteng dan cantik, yap seminar ini mengangkat tema tentang "Membangun Industri Kreatif di Era Digital" seminar ini diselengarakan oleh Bertuah Pos.

Seminar ini menghadirkan 4 orang narasumber yang luar biasa. Namun sedikit sayang, Gubernur Jawa Barat Pak Aher dan Plt Gubernur Riau bapak Andi berhalangan hadir dikarenakan ada pertemuan gubernur se-Indonesia di Makassar, but its okeey, the show must go on. Akhirnya pak Aher dan Pak Andi digantikan dengan perwakilannya masing-masing.

Pemateri ketiga adalah bapak Sofyan Siroj yang memberikan materi tentang  bagaimana menjadi pengusaha kaya dan pekerja yang makmur, tetapi bahagia. Karena banyak orang bekerja atau memiliki usaha tetapi tidak bahagia.

Peserta ? ga usah ditanya, kalau minjem istilahnya Jupe, sampai tumpe-tumpe, hehehe, yup pesertanya banyak banget, bahkan sampai ada yang tidak kebagian tempat duduk, karena dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat Pekanbaru, mulai dari anak sekolahan, mahasiswa hingga berbagai komunitas yang antusias mengikuti acara ini. Bertuah Pos luar biasa banget deh pokoknya kalau bikin acara
Pesertanya rame banget euy
Memasuki materi keempat yang dibawakan oleh M. Ihsan Firdaus, beliau membawakan materi mengenai "Digitalisasi Mindset, Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Membangun & Mengembangkan Bisnis di Era Digital"

Beliau menerangkan, sebelum membuat bisnis menjadi online, terlebih dahulu pengusaha tersebut harus memiliki apa yang disebut beliau dengan nama Digital Mindset. Lalu apa itu digital mindset ? simplenya digital mindset itu adalah perubahan pola prilaku pada tiap aktivitas bisnis di era digital seperti sekarang ini.

Pak M. Ihsan Firdaus juga sangat menekankan bahwa digital mindset ini sangat penting dilakukan sebagai pondasi awal agar tidak salah langkah berikutnya. di antaranya :

  • Digital mindset menetukan seberapa besar kesuksesan dalam mendigitalisasi bisnis
  • Digital mindset yang akan membedakan antara kita dengan mereka yang telah lebih dulu sukses/gagal di industri digital
  • Digital mindset menetukan seberapa cepat kita bisa memanfaatkan teknologi digital untuk membangun dan mengembangkan bisnis  
Pak M. Ihsan Firdaus lagi konser

Ngomong-ngomong soal point ketiga mengenai "Digital mindset menetukan seberapa cepat kita bisa memanfaatkan teknologi digital untuk membangun dan mengembangkan bisnis" tiba-tiba jadi teringat dengan salah seorang pengusaha di Pekanbaru yang pertama kali bertemu beliau mengeluhkan bahwa omset restonya belum begitu memuaskan yang kemudian saya bantu marketing via facebook, Alhamdulillah kemarin bertemu beliau, beliau mengatakan omsetnya udah naik 60%, wah wah wah jadi seneng dengernya.

Contoh lain, saya punya seorang teman yang mempunyai ide out of the box banget, yaitu dia membuat sebuah website yang berisi jasa penyebaran brosur di pekanbaru, dan ternyata, laku banget, ada aja orang yang kontak dia dari luar Pekanbaru untuk menggunakan jasanya dan dalam waktu dua bualn dia sudah berhasil mendapatkan jutaan rupiah

Biar lebih jelas, coba deh nonton video ilustarsi antara 2 orang yang satu menggunakan digital marketing dan satu lagi dengan cara traditional, cekidot guys



Nah, begitulah jika bisnis ingin meroket, mau tidak mau, suka tidak suka harus menggunakan media digital sebagai promosinya. Perlahan-lahan media promosi seperti billboard dijalan jalan bakalan ditinggal oleh para pengusaha, kenapa ? karena udah banyak orang yang cuek dan ga memperhatikannya lagi. Jujur aja deh, tiap terjebak jalanan macet lebih sering perhatiin Bilboard atau sosial media ? yups, pasti sosial media kan ? karena saya juga kaya gitu, hehe...

Berbicara tentang promosi di dunia digital pilihannya sangat banyak dan jauh lebih murah jika kita berpromosi dengan media konvensional seperti TV, Radio, Billboard dan Koran. bahkan dengan duit 10 ribu rupiah pun kita sudah bisa melakukan promosi digital dengan hasil yang bisa diukur keefektifitasannya.

Yang menjadi trend digital advertising di 2015-2016 yang banyak digunakan oleh para pebisnis adalah Video, Social Media, Website, Search Engine dan tidak menutup akan muncul media media promosi digital yang baru lagi, karena mengingat semakin majunya teknologi yang ada saat ini.

So, kamu siap mendigitalisasi bisnis kamu ? jangan biarkan kompetitormu mengetahuinya duluan !!!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Yuk, Kenali Digital Mindset Dahulu Sebelum Mengonlinekan Bisnis

0 Komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meninggalkan Komentar di Didit Blog | Silahkan berkomentar dengan bebas, tidak mengandung SARA | komentar dengan link HIDUP akan dihapus | Terimakasih ^_^